Rabu, 04 Januari 2017

Konsep-konsep Agama Samawi

Nama Agama Nasrani berasal dari nama kaumnya yang dinamakan kaum Nasrani, kaum Nasrani adalah kaum pengikut dari Nabi Isa AS, mereka berasal dari Najran yang merupakan Wilayah Arab, namun kaum Nasrani mendapatkan Ajaran Nabi Isa AS tidak secara langsung tetapi dari seorang pengikutnya yang bernama Faimayun, Faimayun ini adalah seorang yang menjalankan kegiatan Agamanya sama persis dengan ajaran Nabi ISA AS dan apa yang kelak di sampaikan juga oleh Baginda Nabi Muhammad SAW, melaksanakan Shalat dan Puasa serta bermunajat di malam hari.

Nama Agama Yahudi diambilkan dari nama Kaumnya yaitu Yahudi yang merupakan keturunan salah satu cabang Ras semitik kuno yang berbahasa Ibrani, mereka adalah Pengikut Nabi Ibrahim AS. Kaum yahudi adalah keturunan dari Putra Nabi Ibrahim AS yakni Nabi Ishak AS dan Cucu Nabi Ibrahim yakni Nabi Ya’kub AS  yang kemudian namanya diubah menjadi Israel (Bani Israel).  Kaum Yahudi adalah kaum yang sangat fanatik dengan RAS nya, sehingga ketika Nabi Musa AS di utus dari bani Israil beliau mendapat tempat yang amat di muliakan dan di hormati oleh kaum Yahudi.

Nama agama hindu diambilkan dari sebutan orang-orang gurun/persia untuk menyebut masyarakat yang mendiami lembah sungai Sindu, mereka yang mendiami lembah sungai Sindu tersebut dinamakan orang-orang Hindu, dan ditempat tersebut mereka memiliki banyak kepercayaan yang berbeda, sehingga Hindu pada awalnya adalah nama panggilan suatu masyarakat yang bertempat di lembah sungai Sindu, sehingga kemudian datanglah Bangsa Arya masuk ke tempat tersebut dan mebawa ajaran dari Kitab-kitab Weda, sehingga disebutlah ajaran tersebut sebagai Agama  Hindu (Agamanya orang-orang Hindu) *** > Bangsa arya ini adalah Bangsa Kuno mereka adalah bangsa pengembara.

Nama Agama Budha berasal dari nama seorang pencetusnya yang dianggap perantara Tuhan yakni Sidharta Ghautama, agama ini lahir pada Abad ke-6 SM di Nepal, Agama Budha muncul atas reaksi perkembangan Agama Hindu pada saat itu, yang kemudian penyebaran agama budha berkembang begitu pesat mengalahkan perkembangan Agama Hindu.

Agama Islam adalah salah satu agama yang memang memiliki nama Islam langsung dari Penciptanya Allah SWT, dan mulai di perkenalkan nama agamanya pada saat Baginda Nabi Muhammad SAW di utus di Wilayah Arab. Ajaran Agama Islam telah diajarkan oleh Allah SWT sejak diciptakannya Nabi Adam AS, hanya saja hak atas nama islam itu sendiri kelak diberikan kepada cucunya yang merupakan penutup para Nabi dan Rasul serta penyempurna dari Agama Islam. Sehingga Seluruh para Nabi dan Rasul mereka semua mengajarkan dan mengamalkan Agama Islam, hanya saja memang belum diberikan nama Islam, karena nama itu diberikan setelah sempurnanya ajaran Agama Islam tersebut yang di bawa oleh Baginda Nabi Muhammad SAW.

Terkadang jika kita perhatikan konsep keagamaan pada agama selain Islam faktanya ada beberapa kesamaan, karena memang konsep Agama Islam telah diperkenalkan oleh Para Nabi sebelumnya, namun karena seiring waktu perkembangannya berjalan ada hal-hal dalam ajaran Islam yang ditambah-tambahi bahkan di rubah sehingga muncullah konsep-konsep agama yang di klaim oleh kaum-kaum atau bangsa-bangsa tertentu. Perubahan dan penambahan itu bisa saja terjadi karena pengaruh dari faktor Politik, Sosial dan budaya yang mengakibatkan perubahan secara totalitas, karena lamanya waktu tahap demi tahap turunnya para nabi untuk terus menyempurnakan Ajaran Agama Islam, sehingga dahaganya manusia pada saat itu akan keberadaan tuhan membuat mereka membuat Konsep sendiri akan ketuhanan yang di dambakannya.

Mungkin saja hal ini sedang terjadi juga di zaman akhir ini....

Wallahu a’lam...
Mohon kritik dan saran...
Silahkan jika ingin menambahi...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan komentar dengan santun dan bersahaja, tidak boleh caci maki atau hujatan, gunakan argumen yang cerdas dan ilmiah

List Video