Jumat, 30 Desember 2016

Janganlah Marah, karena bisa menutup pintu kebaikan untukmu



Banyak orang sangat bangga dengan kemarahan...
jika dirinya bisa marah diantara keramahannya...
Jika dirinya bisa marah diantara pilihannya...
jika dirinya bisa marah diantara orang2 yang takut kepadanya...
jika dirinya bisa marah dalam membela hak2nya...
Jika dirinya bisa lebih marah diantara orang2 yang marah...
==> Perhatikanlah... apapun alasannya maka yang lebih baik adalah seperti apa yang disabdakan baginda Nabi SAW :
عن أبي هريرة رضي الله عنه ، أن رجلا قال للنبي صلى الله عليه وسلم : " أوصني " ، قال : ( لا تغضب ) ، فردّد ، قال : ( لا تغضب ) رواه البخاري

" Dari Abu Hurairah Rodhiyallahu anhu bahwa ada seorang laki-laki berkata kepada Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam : “Berilah aku wasiat”. Beliau menjawab, “Engkau jangan marah!” Orang itu mengulangi permintaannya berulang-ulang, kemudian Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Engkau jangan marah!” [HR al-Bukhâri] "
Imam Ja'far Bin Muhammad berkata : " Marah itu adalah pintu semua keburukan "
Berkata Imam Atha' Bin Abi Rabah : " Perkara yang membuat ulama menangis di akhir kehidupannya adalah dari Amarah salah satu dari mereka (Ulama), maka robohlah amalnya selama 50 tahun atau 60 tahun atau 70 tahun, dan boleh jadi amarahnya tersebut yang menceburkannya kedalam tempat2 yang berbahaya selaginya ia tidak meminta maaf."
Allah SWT berfirman : " dan apabila mereka marah mereka memberi ma`af." (Marahnya dilampiaskan dengan memaafkan).
Dalam hadis disebutkan :“Apabila diantara kalian marah maka diamlah.” Baginda SAW. mengucapkannya tiga kali." (Hadis Riwayat.Ahmad).
Nabi SAW bersabda : " Bukanlah dikatakan seorang yang pemberani dengan sekali terjang (Menantang2), Namun bahwasannya seorang pemberani adalah ia yang mampu menguasai dirinya ketika marah "
Nabi SAW bersabda : " Siapa orangnnya bisa menahan amarah dan Ia mampu untuk melewatinya, maka Allah akan memanggilnya di hari kiamat kepada para pemimpin Makhluk sehingga Allah memberikannya kebaikan yakni Bidadari/bidadara yang di inginkannya ".
Imam Hasan Al Bashri berkata : " Empat orang yang dijadikannya penjagaan oleh Allah SWT dari Syaitan dan diharamkannya atas Neraka, yaitu orang yang mampu menguasai dirinya ketika berkeinginan, ketakutan, bersyahwat dan Marah. "
Wallahu A'lam Bish Showab.
Semoga bermanfa'at...

1 komentar:

Silahkan komentar dengan santun dan bersahaja, tidak boleh caci maki atau hujatan, gunakan argumen yang cerdas dan ilmiah

List Video