Jumat, 02 Desember 2016

Tahapan Menuju Allah SWT




Tiga tahapan seorang Salik menuju Musyahadah Wushul Ilalloh...
1. Takholi ((تخلي
Pada tahapan ini seorang salik berusaha untuk laku tirakat mengeluarkan segala perkara apapun yang ada didalam hatinya, mengosongkan hati daripada makhluk. Membuang jauh2 rasa cintanya kepada dunianya. Kosong dan suci dari perasaan keberadaannya, hingga hatinya fana tanpa sesuatupun yang mempengaruhi hatinya, akalnya sudah tidak lagi merespon segala bentuk rasa, dan hatinya hampa tanpa perasaan.
2. Tahalli (تحلي)
Pada tahapan ini seorang salik mengondisikan keadaan hatinya yang telah kosong dan bersih, dan berusaha memasukan Allah Ta’ala kedalam hatinya melalui dzikir dan laku tirakat2 lainnya. Hanya Allah yang selalu ingin diingatnya didalam fikiran dan hatinya, sehingga puncaknya adalah reflek gerakan (Khotir) dalam hati dan fikirannya akan kebesaran dan keagungan Allah Ta’ala, hatinya senantiasa berdzikir menyebut Asma Allah tanpa memerlukan kesadaran dan dorongan. Maka sampailah ia pada maqom Fana Ilalloh, lebur hanya bersama Allah dalam sifat dan Af’alNya.
3. Tajalli (تجلي)
Selanjutnya pada tahapan ini seorang salik akan memanifestasikan dirinya terhadap Sifat dan Af’alnya Allah Ta’ala, sehingga terbukalah hijabnya dan bermusyahadah memandang wajah Allah dengan penuh khusuk dan tiadalah lagi sifat2 hina makhluk pada dirinya. Ia memandang segala yang dilihatnya melalui pandangan mata dhohir dan batinnya (Bashiroh) dengan Sifat2 Ilahiyyah, penuh kasih sayang dan senantiasa prihatin akan keadaan para Hamba Allah. Maka diangkatlah Ruhnya kehadlirat Allah dalam masa jasadnya masih bernafas, sibuk bermesraan dengan Allah SWT, sementara jasadnya sibuk bermesraan dalam penghambaannya. Maka sampailah ia pada Maqom Baqo tenang dan tentram karena telah menyaksikan kebenaran akan hakikat TuhanNya.

==>Tahapan2 tersebut tidak akan hasil kecuali melalui bimbingan seorang Waliyan Mursyidan Kamilan<==


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan komentar dengan santun dan bersahaja, tidak boleh caci maki atau hujatan, gunakan argumen yang cerdas dan ilmiah

List Video