Kamis, 01 Desember 2016

Berprasangka dan bersikaplah yang adil...




Siapapun dia dari suku, bangsa atau ras apapun adalah dari satu asalnya.
Allah SWT berfirman:

يٰۤاَيُّهَا النَّاسُ اِنَّا خَلَقْنٰكُمْ مِّنْ ذَكَرٍ وَّاُنْثٰى وَجَعَلْنٰكُمْ شُعُوْبًا وَّقَبَآئِلَ لِتَعَارَفُوْا ؕ اِنَّ اَكْرَمَكُمْ عِنْدَ اللّٰهِ اَ تْقٰٮكُمْ ؕ اِنَّ اللّٰهَ عَلِيْمٌ خَبِيْرٌ
"Wahai manusia! Sungguh, Kami telah menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan (asal yang satu), kemudian Kami jadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku agar kamu saling mengenal. Sungguh, yang paling mulia di antara kamu di sisi Allah ialah orang yang paling bertakwa. Sungguh, Allah Maha Mengetahui, Mahateliti."
(QS. Al-Hujurat: Ayat 13).

Tidak ada yang mustahil bagi Allah SWT jika berkehendak bahwa si Indonesia, si Arab, si Cina, bahkan si Eropa ataupun keturunan persilangan dari kedua dari semuanya yang menjadi penerus dakwah Dinul Islam dan yang membesarkannya atau bisa juga sebaliknya.
Allah SWT berfirman:

يٰۤاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا لَا يَسْخَرْ قَوْمٌ مِّنْ قَوْمٍ عَسٰٓى اَنْ يَّكُوْنُوْا خَيْرًا مِّنْهُمْ
"Wahai orang-orang yang beriman! Janganlah suatu kaum mengolok-olok kaum yang lain, (karena) boleh jadi mereka (yang diolok-olokkan) lebih baik dari mereka (yang mengolok-olok)"
(QS. Al-Hujurat: Ayat 11)

Dan Allah SWT hanya menilai yang lebih baik dari mereka semua adalah karena ketakwaannya.

Seperti Para Nabi yang Allah jadikan kebanyakan mereka dari Bani Israil (rujukan QS : Almaidah ayat 20), dan Justru Allah jadikan Nabi yang termulia diantara para Nabi dan Rasul dari kalangan Arab yang pada masa itu negeri Arab adalah sebuah negeri yang peradabannya termasuk yang tertinggal dan jahiliyyah... namun itulah kehendak Allah SWT.

Penilaian kepada seseorang jangan lantas menilai keseluruhan kaumnya
Allah SWT berfirman:

يٰۤـاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا كُوْنُوْا قَوَّا امِيْنَ لِلّٰهِ شُهَدَآءَ بِالْقِسْطِ ۖ وَلَا يَجْرِمَنَّكُمْ شَنَاٰنُ قَوْمٍ عَلٰٓى اَ لَّا تَعْدِلُوْا ؕ اِعْدِلُوْا ۙ هُوَ اَقْرَبُ لِلتَّقْوٰى ۖ وَاتَّقُوا اللّٰهَ ؕ اِنَّ اللّٰهَ خَبِيْرٌۢ بِمَا تَعْمَلُوْنَ
"Wahai orang-orang yang beriman! Jadilah kamu sebagai penegak keadilan karena Allah (ketika) menjadi saksi dengan adil. Dan janganlah kebencianmu terhadap suatu kaum mendorong kamu untuk berlaku tidak adil. Berlaku adillah. Karena (adil) itu lebih dekat kepada takwa. Dan bertakwalah kepada Allah, sungguh, Allah Mahateliti terhadap apa yang kamu kerjakan."
(QS. Al-Ma'idah: Ayat 8).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan komentar dengan santun dan bersahaja, tidak boleh caci maki atau hujatan, gunakan argumen yang cerdas dan ilmiah

List Video