Senin, 25 Juni 2018

Kajian Hadits Makhluk yang dicintai oleh Allah swt



*Kajian Hadits.*

Oleh : *_donnieluthfiyy_*

قال رسول الله صلى الله عليه واله وسلم :
ﺍﻟﺨﻠﻖ ﻋﻴﺎﻝ ﺍﻟﻠﻪ ﻓﺄﺣﺒﻬﻢ ﺇﻟﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﺃﻧﻔﻌﻬﻢ ﻟﻌﻴﺎﻟﻪ ‏) ﺃﺧﺮﺟﻪ ﺃﺑﻮ ﻳﻌﻠﻰ ﻭﺍﻟﺒﺰﺍﺭ ﻋﻦ ﺃﻧﺲ ﺑﻦ ﻣﺎﻟﻚ ‏)

_
"Rasulullah saw bersabda :_
_Makhluk (secara umum) adalah Hamba Allah swt, maka mereka (para makhluk) yang paling dicintai oleh Allah swt adalah yang memberikan manfaat kepada Hamba Allah swt (yang lainnya)"._ *_[HR. Abu Ya'la dan Al Bizaar,  dari Anas Bin Malik]._*


Lafadz " *عيال* " bermakna Penopang atau bisa juga Pemberi Nafkah.
Adapun dalam Kamus Ma'ani artinya :
عِيَال : (معجم الغني)
جمع  عَيِّل.   
-عِيَالُ الرَّجُلِ : أَهْلُ بَيْتِهِ، أَوْلاَدُهُ.


bermakna Keluarga atau anak-anaknya, namun jika di maksudkan kepada Allah swt, maka maknanya adalah Hamba

Dalam Hadits tersebut Lafadz " *عيال الله* " menjadi Khobar dari Lafadz " *الخلق* ", sehinga dua lafadz tersebut mempunyai ikatan makna yang berkaitan.

Hadits ini banyak yg menerjemahkan di akhir kalimatnya dengan kalimat "mereka yang memberikan manfaat kepada *sesamanya*", maka penafsirannya kata *"sesamanya"* akan berbeda ketika yang membacanya memiliki unsur fanatisme kelompok, golongan atau satu keyakinan, seakan-akan tersimpan makna bahwa yang paling dicintai Oleh Allah swt adalah mereka yang memberikan manfaat hanya pada kelompok atau golongannya atau yang satu keyakinan dengannya saja.
Padahal maksud dalam hadits itu adalah umum yaitu siapa saja dari Makhluknya Allah swt yang memberikan manfaat pada lainnya, itulah yang paling di cintai oleh Allah swt. Dan dalam hadits ini objeknya adalah Amal, sehingga maksudnya adalah Allah swt mencintai Amal seorang Hamba yang memberikan kemanfaatan kepada lainnya.

Dan dengan sebab Amal yang dicintai Allah swt tersebut semoga bisa menjadi sebab diberikannya Hidayah Iman dan Taqwa oleh Allah swt jik ia adalah orang-orang yang tidak beriman.

*_Wallahu A'lam...  Semoga dapat menjadi renungan._*

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan komentar dengan santun dan bersahaja, tidak boleh caci maki atau hujatan, gunakan argumen yang cerdas dan ilmiah

List Video