Jumat, 02 Desember 2016

Hakikat Bersyukur.



Bertambahnya Dunia berarti bertambahnya Tugas sebagai Hamba.

Kekayaan Adalah amanat dan bertambahnya tugas sebagai hamba Allah SWT...
Ketika seseorang bertambah dunianya, maka bukan berarti hal tersebut menjadikannya hamba yang hanya menikmati keadaannya, bersantai dan merasa berbangga hati, serta ketakutan yang berlebihan jika apa yang telah dimilikinya itu sirna darinya atau rusak (karena cinta yang berlebihan dan rasa memiliki yang melupakan sang Pemberi).
Kemudian Justru seharusnya bertambah dunianya itu juga seiring merasa bertambahnya amanat tugas sebagai kholifah dimuka bumi untuk menjalankan Tugas sebagai Hamba Allah SWT... bertambah tugasnya untuk menolong orang lain, bertambah tugas untuk membantu dakwah para ulama, bertambah tugas untuk menghidupkan syi'ar Islam dan lain sebagainya... semua itu tiada lain karena kemampuannya untuk melakukan itu semua, sebab Allah telah memberikan kelebihan kepadanya...

الباجوري ١/٢٨٥

.إختلف هل الأفضل الغني الشاكر أو الفقير الصابر والمعتمد أن الغني الشاكر أفضل خلافا للبلقيني ولا ينافيه ما ورد من دخول الفقراء قبل الأغنياء بنصف يوم من أيام الآخرة لأنه قد يوجد في المفضول ما لا يوجد في الفاضل .
" Ulama berbeda pendapat berkenaan apakah lebih utama orang kaya yang bersyukur ataukah orang faqir yang bersabar, dan pendapat yang lebih dikuatkan adalah lebih utama orang kaya yang bersyukur (termasuk caranya mensyukurinya yaitu seperti yang tertulis diatas). Berbeda dengan pendapat Imam Bulquniy (yang berpendapat lebih utama orang faqir yang sabar). Namun bukan sebuah ketidak mungkinan masuknya orang fakir ke dalam surga adalah sebelum orang kaya dengan selisih satengah hari dari hari-hari akhirat. Sebab didalam surga tidak ada hari yang istimewa bagi orang yang lebih diutamakan karena sebuah keistimewaan dan tidak juga bagi orang yang lebih utama. (Al Bajuriy Juz 1 Hal. 285)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan komentar dengan santun dan bersahaja, tidak boleh caci maki atau hujatan, gunakan argumen yang cerdas dan ilmiah

List Video