Kamis, 01 Desember 2016

Ta'rif Jihad



Jihad secara bahasa yaitu Perkara yang di ambil dari kesungguhan dan mengerahkan segala usaha (اللسان : جهد). Yakni mengorbankan/mencurahkan kelapangan. suatu perbuatan dengan mencurahkan kemampuan/ kekuatan.

Sedangkan secara Istilah yaitu kemutlakan/keumuman didalam suatu perselisihan yang berubah menjadi Jihad kepada Kufar yang memeranginya dan terhadap sebagian dari orang2 yang durhaka yang memerangi, serta orang2 yang murtad, Bughot (Pemberontak) dan semisalnya, dengan tujuan mengagungkan kalimat Allah SWT, dan ini adalah makna Jihad secara khusus.

Adapun makna secara Umum yakni mengorbankan/ mencurahkan kelapangan berkenaan dengan kemampuan untuk menghasilkan perkara yang dicintai oleh Al Haq مجموع الفتاوى (10/192).)

Berkata Ibnu Qayyim RH : “ Adapun Pembuktian bahwasannya sesungguhnya Jenis Jihad itu hukumnya Fardlu ‘Ain baik dengan hati, dengan lisan, dengan harta ataupun dengan Tangan (kekuatan/ kekuasaan), maka atas setiap muslim agar berjihad dengan bagian dari beberapa bagian tersebut. زاد المعاد (3/64).)

maka atas setiap muslim agar berjihad dengan bagian dari beberapa bagian tersebut, yakni :
1. Dengan Hati,
2. Dengan Lisan,
3. Dengan harta ataupun,
4. Dengan tangan (Kekuatan).
5. Dan kami katakan di masa kita sekarang termasuk juga jihad dengan pena.

Pembagian Jihad.
Macam2 jihad.

1. Jihad Kufar yakni jihad mengajak dan Membela (melawan).
a) Jihad mengajak/menyeru (Melalui dakwah) kepada Islam tanpa adanya paksaan karena Allah SWT berfirman : ﴿لاَ إِكْرَاهَ فِي الدِّين﴾ [سورة البقرة : الآية 256] “ Tiada paksaan didalam Agama “ (QS : Al Baqarah : 256).
b) Jihad membela yakni Jihad ketika orang2 kafir menyerang/menyerbu perkampungan wilayah orng2 muslim. Allah SWT berfirman : ﴿وَقَاتِلُوا فِي سَبِيلِ اللَّهِ الَّذِينَ يُقَاتِلُونَكُمْ﴾ [سورة البقرة : الآية 190] “ Berperanglah kalian semua di jalan Allah kepada orang2 yang memerangi kalian “ (QS : Al Baqarah : 190).

2. Jihad kepada orang2 munafiq dan orang2 murtad.
- Bisa dengan Jihad hati, Lisan, harta dan dengan tangan. (Menyeru agar kembali ke jalan yang benar). Karena jihad tidak selalu dalam peperangan.

3. Jihad terhadap Bughat (Pemberontak) yang keluar dari pada Imam, imamnya orang2 muslim yang Haq.
- Jihad ini terjadi pada masa kekhalifahan Islam (Sekarang sudah tidak ada), termasuk pemberontakan pada masa Ke Khalifahan Islam dinasi Ustmani adalah pemberontakan yang di motori oleh gerakan Muhammad Bin Abdul Wahab (Wahabi) dan Saud yang sekarang menjadi Saudi Arabia.

Urutan2 Jihad.
Telah berkata para Ulama : sesungguhnya didalam jihad ada 4 urutan :
1. Jihad melawan Hawa Nafsu.
2. Jihad melawan Syaitan (Sifat2 tercela).
3. Jihad melawan orang2 kafir yang memerangi dan orang2 munafiq, serta
4. Jihad Melawan Ashabud Dholim, bid’ah dan mungkar.

Sesuai urutannya maka sebelum Jihad melawan orang2 kafir yang memerangi maka terlebih dahulu harus dimulai dengan Jihad melawan Hawa Nafsu dan Jihad melawan Sifat2 tercela (Syaitan) pada diri sendiri.

Jika sesuai urutannya maka Insya Allah Jihadnya menjadi jihad yang di ridloi Allah SWT.

==>Sekedar Torehan Pena, semoga menjadi Jihad....<==

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan komentar dengan santun dan bersahaja, tidak boleh caci maki atau hujatan, gunakan argumen yang cerdas dan ilmiah

List Video